8 Manfaat Facial Detox yang Perlu Kamu Ketahui

Di dunia kecantikan istilah facial detox tentu saja menjadi nama yang familiar. Selain facial wajah dan kecantikan lainnya, facial detox sangat digemari oleh para wanita. Setiap hari, kita menghadapi risiko polusi udara menyumbat pori-pori kita, menyebabkan peradangan dan mempercepat proses penuaan. Dengan kemajuan teknologi saat ini, perawatan facial detox hadir tak hanya untuk mendetoksifikasi, melindungi dan juga memperbaiki tekstur kulit tetapi juga ada manfaat lain. Yuk simak tulisan ini untuk mengetahui manfaat facial detox.

Facial Detox Treatment

Facial Detox adalah adalah proses menghilangkan kotoran dari kulit. Kotoran ini bisa disebabkan oleh udara yang kotor atau polutan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mengembalikan kulit normal dan merevitalisasi.

Manfaat perawatan detox kulit wajah antara lain adalah dapat mencegah penuaan dini serta membuat wajah terasa lebih segar. Jika kamu ingin melakukan detoks wajah sebagai rangkaian perawatan kulit, perlu diperhatikan karena ada efek samping yang akan dirasakan. Bagi sebagian orang, setelah melakukan facial detox kulit wajah akan memerah serta timbul beberapa jerawat.

Ini adalah hal yang normal terjadi yang berarti tubuh merespons adanya perubahan. Tak perlu khawatir jika wajah akan sedikit memerah setelah facial detox ya.

Manfaat Facial Detox

Detoksifikasi wajah adalah proses pengangkatan sel kulit mati untuk mengembalikan struktur kulit yang sehat. Nah, manfaat yang dapat dirasakan setelah melakukan facial detox, tak hanya membuat wajah lebih bersih, tapi juga ada manfaat lainnya sebagai berikut :

1. Mengurangi Minyak Berlebih pada Kulit

Kulit berminyak adalah masalah besar bagi banyak wanita. Menurut Harvard Health Medicine, minyak juga menyebabkan jerawat karena menyumbat pori-pori.

Manfaat utama dari detoksifikasi wajah adalah untuk mendetoksifikasi kulit dengan membuang kelebihan minyak dan racun. Perawatan detoks ini membuat kulit wanita lebih sehat.

2. Mengurangi Komedo

Kulit kita secara alami menghasilkan zat yang disebut sebum. Sebuah studi di Acta Dermato Veneeologica menjelaskan bahwa sebum membantu menjaga kelembapan kulit. Namun, terkadang sebum mengalami overdrive. apa itu? Ini terjadi ketika sebum berlebih menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo.

Sementara tujuan utama dari detoksifikasi wajah adalah untuk mendetoksifikasi kulit, juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Ini tidak hanya mengurangi munculnya komedo, tetapi juga membantu menyamarkan noda.

3. Menyamarkan Pori Pori

Manfaat facial detox bahkan bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki pori-pori besar. Setelah proses detoksifikasi selesai, pori-pori kulit akan jauh lebih kecil dan tersamarkan. Namun, ini tidak berlangsung lama.

Menurut Dr Harold Lancer, dokter kulit yang langganan Victoria Beckham dan Oprah, hal tersebut adalah kondisi genetik, sehingga tidak bisa mengecilkan pori-pori secara permanen di wajah. Namun, perasaan setelah detoks wajah tentu memberikan rasa kulit menjadi lebih kencang.

4. Memperbaiki Struktur Kulit Wajah


Makan makanan yang tidak sehat atau minum terlalu banyak gula dapat mempengaruhi kesehatan kulit kamu. Mengkonsumsi junk food menyebabkan pertumbuhan jerawat, mengutip ABC Health & Wellbeing. Jenis makanan ini meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan meningkatkan kadar insulin. Oleh karena itu, perawatan wajah ini akan membuat kulit Anda lebih sehat dan menyelamatkan kamu dari pola makan yang tidak sehat.

5. Meratakan Warna Kulit

Manfaat detoks wajah tidak hanya untuk menyamarkan pori-pori dan menghilangkan komedo, tetapi juga untuk memperbaiki warna kulit agar kulit lebih bersih dan bercahaya. Kulit belang terjadi saat pigmen kulit menjadi gelap dan dibiarkan begitu saja, warna kulit gelap bisa kembali normal seiring dengan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel. Untuk mempercepat proses ini, kamu bisa mencoba perawatan detoks.

6. Wajah Terasa Lebih Awet Muda

Kulit wajah awet muda tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Menariknya, manfaat facial detox adalah membuat kulit tampak lebih muda. Kulit mati yang terbentuk di permukaan kulit dapat membuat wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Detoksifikasi wajah membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati dari permukaan kulit kamu.

7. Menutrisi Kulit

Vitamin C dikenal dengan segudang manfaat untuk kulit. Vitamin C melindungi melawan kerusakan UV, mengurangi hiperpigmentasi, mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen di kulit. Karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C adalah dengan facial detox.

8. Mencegah Jerawat Muncul

Penyebab jerawat di wajah umumnya karena kurang bersih dalam membersihkan makeup ataupun bekas polutan yang menempel pada wajah kita. Dengan facial detox, manfaat yang bisa didapatkan adalah membersihkan kotoran pada wajah, dan jika wajah bersih maka jerawat akan hilang dengan seiring berjalannya waktu.

Nah itulah rangkaian manfaat dari facial detox yang perlu diketahui. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba treatment wajah satu ini ya.